Resep Masakan Seafood yang Lezat untuk Makan Malam Keluarga

Bahan

Olahan seafood dikenal mudah matang dan juga memiliki rasa gurih-manis yang lezat. Resep masakan seafood cocok sekali bagi Moms yang super sibuk, tapi menginginkan makanan yang enak, sehat, dan bergizi.

Selain punya rasa gurih dan manis yang khas, seafood juga tinggi protein dan memang cukup mudah diolah. Seperti ikan laut, cumi-cumi, gurita, kerang, udang, lobster dan lainnya, mana yang jadi favorit Moms dan keluarga?

Resep Masakan Seafood untuk Makan Malam


Bagi Moms yang suka udang, di bawah ini ada resep masakan seafood dari udang yang cocok untuk makan malam keluarga. Untuk membuat masakan seafood Udang Asam Manis Saus Tiram Pedas, bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • 300 gr udang yang dicuci bersih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 10 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sampai 1 buah bawang bombai

Untuk bumbu saus, siapkan:

  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • lada hitam butir secukupnya yang dihaluskan
  • air secukupnya
  • garam dan gula secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, bersihkan udang lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih.
  2. Kemudian, tumis bawang bombai hingga agak layu, masukkan bawang putih dan bawang merah dan tumis hingga matang. Setelah itu, masukkan cabai rawit dan tomat lalu masak hingga matang.
  3. Masukkan udang dan aduk rata dengan bumbu.
  4. Setelah itu, tuang bahan bumbu saud, aduk rata hingga mendidih dan tuang air secukupnya lalu masak hingga saus mengental. Silakan tes rasa, jika sudah pas bisa diangkat. Dan Udang Asam Manis Saus Tiram Pedas siap untuk disajikan.

Selain resep di atas, Moms juga bisa membuat masakan seafood Cumi Goreng Crispy sebagai pendamping. Caranya mudah, Moms hanya perlu membersihkan cumi-cumi dari tintanya dan potong melingkar. Lalu, marinasi dengan sedikit tepung serba guna, lada dan sedikit air. Balut dengan tepung serba guna kering lalu goreng dengan Minyak Goreng Bimoli yang suhunya tetap stabil saat dipanaskan, sehingga masakan matang luar dalam. Goreng hingga kuning keemasan dan tiriskan, dan Cumi Goreng Crispy siap disajikan.

Baca juga: Resep Soto Banjar, Makanan Khas Kalimantan Terpopuler

Tips Memilih Seafood yang Perlu Diperhatikan


Seafood memang enak dan mudah diolah. Hanya saja seafood mudah rusak jika dibiarkan dalam waktu lama di suhu ruangan, jadi Moms perlu berhati-hati dalam memilih seafood. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Moms ingin mendapatkan seafood yang segar:

1. Pilih Ikan yang Segar

Ikan yang segar memiliki warna mata yang bening, sedangkan ikan yang memiliki warna mata buram adalah tanda kalau ikan tersebut sudah tidak segar. Selain itu mata ikan yang cekung menandakan ikan itu mengalami dehidrasi, dan bisa jadi ikan tersebut sudah lama disimpan di dalam es. Aroma ikan juga menandakan kesegarannya, di mana ikan yang masih segar aromanya seperti aroma laut yang asin dan sedikit amis. Perhatikan juga bagian kulit ikan, pilih ikan yang sisiknya masih utuh. Jika bagian luar kulitnya ditekan lalu menyisakan lekukan, berarti ikan itu kurang segar.

2. Pilih Cumi yang Kulitnya Bening

Pastikan Moms mengolah cumi yang segar, karena hal itu akan mempengaruhi rasa dan aroma hidangan. Sebaiknya pilih cumi yang kulitnya bening transparan, bukan ungu tua dan kepalanya masih menempel kuat. Jika cumi diangkat, akan ada warna sedikit hitam pada air di dekatnya. Semua itu bisa jadi tanda kalau cumi segar tanpa tambahan bahan-bahan lainnya.

3. Cek Aroma Udang!

Udang yang segar biasanya mengeluarkan bau yang khas dengan aroma air laut. Jadi, jika udang dihadapan Moms beraroma sangat tajam bisa dipastikan kalau udang tersebut sudah tidak segar lagi. Sebaiknya pilih udang yang masih kuat melekat kepalanya dan kulitnya bening, ya Moms. Jika kepala udang sudah kendor biasanya akan ada cairan kekuningan dan kulitnya tidak kencang berarti udang sudah mendekati busuk.

4. Pilih Kerang yang Masih Hidup

Kalau Moms ingin membuat sajian berbahan dasar kerang, sebaiknya pilih kerang segar yang masih hidup, dengan cangkang yang masih utuh atau tertutup. Ini penting, karena akan sangat mempengaruhi rasa, di mana kerang segar akan menghasilkan rasa yang gurih segar. Selain itu, Moms juga bisa memilih kerang yang sudah terbuka cangkangnya asalkan daging kerang terlihat padat dan utuh.

5. Pilih Kepiting yang Masih Bergerak

Ingat, kepiting harus dalam keadaan hidup saat dibeli. Pilihlah kepiting yang agresif, atau setidaknya masih bergerak. Perhatikan juga sisi bawah kepiting, terutama di permukaan flap perut bentuk segitiga dengan warna terang. Moms bisa menekan bagian ini pakai jari untuk mengukur seberapa kokoh bagian tersebut. Pada umumnya, kepiting berdaging banyak punya perut yang kokoh, menonjol, dan ada semburat warna kuning. Sedangkan soal aroma, kepiting segar tidak memiliki bau. Jadi, hindari kepiting yang berbau amonia.

Baca juga: Resep Mie Aceh, Makanan Khas Sumatera Favorit Keluarga

Apapun jenis seafood yang jadi favorit Moms dan keluarga, yang terpenting adalah Moms sudah tahu bagaimana tips memilihnya. Moms juga bisa mempraktikkan resep masakan seafood yang telah dibagikan di atas.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng terbaik, yaitu Minyak Goreng Bimoli. Minyak goreng ini dibuat dari bibit biji kelapa sawit pilihan yaitu "Tenera" sehingga mampu menghasilkan minyak goreng dengan kualitas terbaik. Diperkaya pula dengan Vitamin E, Pro Vitamin A, Omega-6, dan Omega-9 yang akan membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan kolesterol baik HDL.

Cek Tokopedia dan Shopee sekarang untuk mendapatkan Minyak Goreng Bimoli dengan harga promo!