6 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih, Coba Yuk!

7/25/2023 7:30:15 PM

Ditulis oleh : Bu Molly

Dapur yang bersih dengan tata kelola ruangan yang cermat akan memberikan nuansa kerapian sehingga membuat Moms lebih bersemangat untuk memasak. Jika menata dapur agar rapi masih menjadi masalah, coba Moms melakukan beberapa cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih di bawah ini.

Memangnya, mengapa sih Moms perlu menjaga kebersihan dapur dan menatanya dengan rapi? Salah satu alasannya adalah karena dapur merupakan sarana untuk mengolah makanan, di mana proses pengolahan makanan untuk keluarga dibuat di sana. Ruangan yang bersih tentunya akan membuat Moms dan keluarga menjadi lebih sehat. Selain tubuh menjadi sehat, dapur juga akan terlihat indah, nyaman dan tidak berantakan.

Manfaat Membersihkan Dapur yang Wajib Moms Ketahui


Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan jika rajin membersihkan dapur:

  • Proses memasak memungkinkan ada banyak kotoran yang menempel di lantai dapur. Coba bayangkan jika tidak dibersihkan secara berkala, bisa jadi ada anggota keluarga Moms yang terpeleset karena tumpahan atau cipratan minyak, kuah, atau lainnya. Jadi, membersihkan dapur memang menjadi sebuah keharusan, supaya Moms dan anggota keluarga lain merasa aman dan nyaman tanpa merasa takut akan terjadi sesuatu.
  • Membersihkan dapur juga dapat menghemat waktu dan tenaga. Jika Moms rutin membersihkan dapur, maka Moms tidak perlu bersusah payah untuk menghilangkan kotoran yang telah menempel. Sebaliknya, jika Moms cukup jarang membersihkannya, bisa jadi sisa makanan atau masakan akan berubah menjadi kerak dan susah dihilangkan.
  • Jika Moms rajin membersihkan lemari es atau lemari pantry di dapur, Moms akan menghemat bahan makanan lho. Pasalnya, Moms akan tahu makanan mana yang akan busuk atau kadaluwarsa.
  • Rajin membersihkan dapur dan menatanya dengan rapi, itu artinya Moms siap mengadakan acara dan menyambut tamu. Dapur yang bersih memungkinkan Moms bisa langsung memasak saat ada acara dadakan atau tamu yang tiba-tiba datang, tanpa perlu repot membersihkan terlebih dahulu.

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih


Membuat suasana dapur yang bersih dan rapi memang perlu ketelatenan, tapi hal itu cukup mudah untuk dilakukan saat Moms mengetahui triknya. Berikut ini adalah beberapa cara menata dapur yang bisa Moms coba:

  1. Kategorikan Peralatan Dapur

    Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih yang pertama, Moms perlu mengkategorikan peralatan dapur terlebih dahulu. Kemudian menyimpan atau meletakkannya di tempat yang tepat. Dengan cara ini, dijamin dapur akan terlihat lebih rapi, tanpa adanya penumpukkan peralatan di salah satu area. Layaknya area kerja, cara menata dapur seefisien mungkin tentunya akan membuat kegiatan jadi lebih ringkas dan cepat.

  2. Simpan Alat Masak di Tempat yang Tepat

    Menyimpan alat masak yang berukuran besar seperti katel atau panci jumbo, bisa di dekat kitchen set seperti lemari dapur atau meja dapur bagian bawah. Moms juga bisa memanfaatkan bagian kosong pada alat masak itu untuk tempat menyimpan barang atau alat masak yang berukuran kecil. Kemudian, Moms bisa menggunakan rak dapur sebagai tempat penyimpanan bumbu-bumbu dapur. Atau jika ingin lebih efisien, menempatkan rak dinding di area dapur juga bisa menjadi opsi yang tepat untuk menghemat ketersediaan ruang lho Moms. Pada intinya, Moms harus cerdas dalam menyimpan dan meletakkan semua alat masak!

  3. Maksimalkan Area Pipa Pembuangan

    Ruang di bawah pipa pembuangan atau wastafel tempat cuci piring juga bisa dimanfaatkan. Pipa pembuangan dengan bentuk yang berkelok-kelok bisa di siasati kok Moms. Caranya, buat penyimpanan berbentuk ā€˜Uā€™ dengan mengikuti lekukan dari pipa. Kemudian, ruang itu bisa digunakan untuk menyimpan alat-alat pembersih dapur di rumah seperti lap, sponge pencuci piring, sabun, sikat, dan lainnya.

  4. Buat Laci Khusus untuk Tempat Sampah

    Bagi Moms yang punya kabinet besar, coba buat laci khusus di dalamnya untuk menempatkan dua tempat sampah. Ingat ya Moms, tempat sampah sebaiknya memang dibuat dua untuk memisahkan antara limbah dapur organik dan anorganik. Laci khusus tempat sampah tentunya akan menjauhkan lalat dari dapur, karena tempat pembuangan limbah tidak dibiarkan terbuka. Tapi, jangan lupa untuk membuang sampah dalam laci secara rutin supaya tidak menimbulkan aroma tidak sedap.

  5. Gunakan Talenan Built-In

    Moms dapat membuat talenan dengan konsep furniture built-in di atas laci tempat sampah yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan talenan built-in, memotong sayuran, lauk, hingga buah-buahan akan menjadi lebih mudah karena limbahnya bisa langsung dijatuhkan. Jadi, Moms tidak perlu repot mengangkut sisa pemotongan ke tempat sampah yang letaknya jauh.

  6. Perbanyak Laci di Dapur

    Kalau tidak ada pantry, salah satu solusi lainnya adalah memperbanyak laci di dapur. Banyaknya laci bisa mempermudah Moms dalam mengkategorikan peralatan dapur sesuai dengan jenisnya.

Baca juga: 3 Tips Cara Membersihkan Minyak Membandel di Wajan

Selain untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur, laci di dapur juga bisa Moms andalkan untuk menyimpan bahan-bahan untuk memasak. Biasanya, Moms lebih suka belanja bahan keperluan dapur berapa hari sekali? Tak perlu repot, kini Moms bisa belanja segala kebutuhan termasuk minyak goreng Bimoli secara online di Tokopedia atau Shopee, lho.